SAGALA RUPA BLOG SAGALA RUPA BLOG -->

Thursday, December 5, 2013

Download Kalkulator Hexa Binary Desimal


Sebelumnya saya mohon maaf bagi yang sudah senior
Karena saya mungkin akan Menyinggung nyingguh bahasa Asembly
Dan saya juga manusia yang tak luput dari salah dan hilaf
Apa lagi sudah dua hari dua malam belum tidur…hehehe…
Baiklah:
Di dalam Bahasa Asembly tak lepas dari apa yng namanya
Hexa Binary dan Desimal

bilangan adalah lawan dari alphabet atau karakter spesial, bilangan dapat diberikan operasi aritmatika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan juga konversi ke jenis bilangan lainnya.
dalam dunia komputer dan digital bilangan dapat dibagi menjadi empat, yaitu:
  1. bilangan desimal
  2. bilangan biner
  3. bilangan hexa
  4. bilangan octal
1.Bilangan Decimal
Bilangan desimal adalah bilangan berbasis 10 terdiri dari kombinasi angka 0 s.d. 9, bilangan ini paling umum dijumpai dan dijadikan sebagai bilangan yang umum digunakan pada Software yang berinteraksi langsung dengan manusia.
2. Bilangan Biner
bilangan biner adalah bilangan dengan basis 2, mempunyai simbol angka (numerik) sebanyak 2 buah simbol, yaitu 0 dan 1. Bilangan biner ini dapat pula dikatakan sebagai bilangan mesin (bahasa mesin), karena dalam dunia komputer dan digital bilangan biner ini dapat direpresentasikan sebagai saklar transistor on atau off.
3. Bilangan Hexadecimal
bilangan hexadecimal atau basis 16 merupakan bilangan yg sering ditemui dalam dunia komputer dan digital, karena bilangan ini merupakan standar ASCII yang digunakan untuk karakter2 dalam komputer, selain itu bilangan hexa juga digunakan untuk perhitungan IPv6.
4.Bilangan Oktal
Bilangan Oktal mempunyai 8 Digit yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7
Semua bilangan oktal adalah 8. Dan bilangan oktal tidak mempunyai angka 8 dan 9, angka selanjutnya setelah angka 7 adalah angka 10, 11, 12 dan seterusnya. supaya jelas perhatikan bilangan tersebut.0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 terus 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, terus 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27 terus 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 37 dan seterusnya.

8 dan 9 bukan bilangan octal 18 dan 19 bukan bilangan octal 28 dan29 bukan bilangan octal dan seterusnya.
Naaah dari pembahasan di atas kita akan abil Tiga Buah saja yaitu Hexa Desimal Dan Binary Karena saya akan membagikan Software yang biasa menterjemaahkan Bilangan Binari Ke Hexa dan dari Hexa ke Desimal Dan Sebagainya Namanya Hexit. Hexit Software kecil tapi sangat membantu kita dalam pekerjaan jadi tidak usah repot repot Mengconver bilangan tersebut.
Contoh1: Hexa 0C0h= Binary=11000000 dan Desimalnya 3072
Contoh2: Hexa 092h= Binary=10010010 dan Desimalnya 2336
Dan Dalam Bahasa Asembly tak luput dari yang tiga di atas
Yaitu Hexa, Binary dan Desimal
Contoh: Mov A,#10h Artinya Pindahkan 10 Hexa ke Akumulator
Contoh: Mov A,#1000000B Artinya Pindahkan 1000000Binary Ke Akumulator
Sudah aah Cape Nulis terus…heheheh..
Silahkan Di Download Softwarenya Disini Gratis Ko… Tidak ada Link Bohong
Dan Kalo ada yang Mau Komentar Silahkan  Sudah di sediakan
Tempatnya yaitu di bawah..hehehe..Terima kasih atas kunjungannya…

Baca Selanjutnya.... »»  

Wednesday, December 4, 2013

Membuat Animasi Air Dengan Blender3D


PostBy: Tono Maryono
Di dalam pembuatan Game tidak luput dari yang namanya Animsi
bahkan sudah berjuta juta Game di dunia menggunakan Animasi Kalo tidak ada Animasi
tida mungkin Game akan berjalan lancar begitupun juga dengan Film tak mungkin  berjalan klo tidak ada animasi...




Nah.. dari pembahasan di atas kita ada kaitannya dengan pembuatan animasi
yang akan menambah keramaian Game atau Film Misalnya Air! air di dalam Game kadang ada yng ber Gerak kadang Juga tidak Tapi klo tidak Ber Gerak kayaknya tidak begitu nyata..
Bailah Kernyataan dalam membuat animasi air akan Ane Posting Sekarang juga
Siapkan Blender3D Versi 2.49 Klik 2kali Blendernya Lihat Gambar di bawah:
Sekaran Klik N pada Keyboard anda
Lalu seting Transporm Properties
ScaleX:5.486
scaleY:5.486
ScaleZ:5.486
Dimx:10.971
Dimy:10.971
Dimz:10.971
Lihat Gambar di bawah:


Klik Objeckt atau F7 Dan Klik Pysics Button>Klik Fluid>klik Fluid Lagi
dan Klik Domain Lihat Gambar di Bawah:


Naaah Masih Di Objec Cube: Klik Tab Add Mesh> Cube...
Jadi Cube ada dua yang terakhir Cubenya jangan di rubah biarkan apa adanya Lanjut ! Klik Wiewport Shading> Klik WireFrame
Lihat Gambar Di Bawah:


 Setelah Di atas selesai Klik kanan Cube yang kecil Klik Fluid lagi Dan >Klik Fluid di bawahnya...
Lanjut Klik kanan Cube yang besar  Lihat lagi ke Tab Pysics Button>klik Domain Dan terakhir Klik BAKE
tunggu Proses ...Lihat Pergerakan Cube Besar Meluncur Menjadi Cair Dan Seperti Air Mendidih
Lihat Gambar Di Bawah:



Lanjutkan kembali
Klik Split Area
Klik Displays Current Window Tipe:Pilih Timeline! Time line Untuk mengatur Durasi Waktu...
Lihat Gambar di bawah:

Naaah Sekarang Pindah ke Tab Editing Atau F9
Ditab Editing Kita akan merubah Gambar air menjadi Lebih Lembut
Dan Kelihatannya Sangat nyata Sedangkan yang di atas Kasar dan kurang Nyata Sekarang Klik> Set Smooth Untuk
Membatalkan >Set Solid
Lihat Gambar Di Bawah:

Sekarang Coba di Render Lihat Perbedaannya Antara Yang SetSmoot Dan SetSolid

Dan Setelah semuanya selesai kita akan memerikan texture, Pada File tersebut Texturenya tentu saja texture Air.Masa texture batu...hehehe
tidak sesuai atuuuh dengan Judul Postingan diatas
Lanjutkan Klik tab Shading atau F5 >Klik Tex Face >Klik texture Button
Naaaaah Yang Bertuliskan None Ganti Dengan Image Dan Klik Load Silahkan Pilih Txture Air Yang kamu suka....
Dan sekarang Kamu Render Kembali Lihat Gambarnya

Untuk di bikin Game Beda Lagi tekniknya Harur Masuk ke Unwrap
Dan Insa alloh akan sagala Rupa Blog Bahas Semuanya Tentang Menggunakan
Blender2.49
Kalo ada pertanyaan silahkan Komentar di Bawah...Terimakasih atas kunjungannya...
Baca Selanjutnya.... »»  

Friday, October 4, 2013

TENTANG IC USB DAN PEMPROGRAMMANYA

Post : BY Tono maryono

Apakah ahli Elecronics bisa bikin USBflashdish?
Jawabannya Bisa...
Asal bisa bahasa asembly Untuk mengisi Firmware di dalam
IC tersebut
Contoh: Alcor Micro Atau FDI-232 yng sering di pakai Kita2
setelah di isi Firemware di dalam IC Namanya Jadi Kingstun atau apapun
yng susah Di servis itu  tidak di sertakan dengan Sotwarenya.
Jadi... IC Flasdish ada Softwarenya
Termasuk IC Program TV yng Banyak Beredar di masyarakat
Itu ada Softwarenya.
Seperti: M-IDE51, Keil UniVision,BASCOM8051,BASCOM avr,
Borlan Delphi,Visual Studio ,Proteus Simulasi,Electronics Workbench, dan masih banyak Lagi
Hanya Saja di Di Firmwrenya Di Protek. Jadi tidak
sembarang orang bisa  Edite Bahasa Asembly di dalam IC itu.
kita coba masukan USB Flashdish ke Jek USB tunggu sebentar Buka Device Manager
Di Tulisan Usb yng telah di masukan Tadi Klik Properties
klik tab Details USB/VID dan PID...Id tersebut bisa kita cari
di sang webmaster yaitu embah Google
Kalo ternyata kita menemukan sotware tersebut kita mudah untuk Mereprasi IC tersebut...
tapi klo tidak lebih baik Flashdish kesayangan anda buang saja karena sudah tidak ada artinya
tapi tunggu dulu mungkin tahun yangakan datang softwarenya akan ada
sekian Posting untuk kesempatan ini ..
dan terima kasi sudah membaca postinganku
kalo ada pertanyaan silahkan...komentar di bawah...terima kasih...
Baca Selanjutnya.... »»  

Sunday, September 29, 2013

RAKITAN USB DOWNLOADER

Post BY Tono maryono
Selamat jumpa lagi Sobat Bloger...hehehe...
rasanya lama aku tidak ngeblog
berhubung sangat sibuk dengan keperluan keluarga..
dan sedikit banyak Problem yng menyangkut keluarga
Baiklah ..Dalam Dunia Microcontroller banyak sekali
di temukan pengalaman yng lumayan sangat rumit dan
tak dapat di mengerti Oleh orang awam atau Orang
yng sama sekali tidak tahu dalam dunia Elektonik.
Langsung Saja ke TKP..
Di cable data Sony Ericsson P910 Terdapat IC
FTDI232BM
Di Cable data Nokia Persi Jadul Terdapat IC PL-2303
Dan untuk kebutuhan Laptop itu sangat bermanfaat
Untuk Pemprogramman Microcontroler Juga untuk PC
Desktop


Cocok Untuk IC Amega8 dan semuanya Buatan Atmel
Cocok Untuk Flash IC W78C32BP-40 Buatan Winbond
Cocok Untuk Flash IC P87C52EBPN Buatan Philips
Cocok Untuk Flash IC GMS90C32 Buatan Hinix
Dan masih banyak lagi...
Sekarang Sagala Rupa Blog  akan membagikan
beberapa Sofware Downloader USB yang sangat cocok
Untuk Cable data di atas..
Silahkan Download Softwarenya DISINI
semoga Bermanfaat...
Baca Selanjutnya.... »»  

Tuesday, July 30, 2013

PSIO UNTUK PSX

POST BY:tono maryono

PSIO adalah sebuah consol yang dapat memainkan Game Playstation1 di psx consol, sangat cocok
dengan Playstation SCPH-1001 yang lumayan sudah lama usianya.   jadi di manapun orang Indonesia berada yng
mempunyai PSONE dengan Tipe SCPH-1001 sangat beruntung karena sekarang Sudah ada Yang Namanya
PSIO . PSIO Kecepatannya sangt tinggi anda tinggal meng Copy Game BerFormat Iso dan di Masukan ke
Kartu SD Cartride yang sudah tersedia di PSIO setelah di masukan masukan lagi Ke Paralel I/O yang
ada di PSX Consol dan Game PSX siap di mainkan Tanpa harus memutar CD yang kadang kadang tidak

jalan...

Menurut pengembangnya PSIO Bisa Di Masukan ke PSX Jenis apapun yang penting Playstation1
dan dapat memutar Video CD DVD DAN MP3 ...jadi yang punya Playstation1 jangan Dulu di Buang
karena masih dapat di Manfaatkan
silahkan Teman Kunjungi websitenya disini
Atau Klo anda Ingin Belajar membuat Game PSX anda bisa kunjungi website ini
Sekina postingan saya dengan judul PSIO UNTUK PSX
Dan apa bila ada yang mau di tanyakan silahkan komentar di bawah...terimakasih atas kunjungannya....
Baca Selanjutnya.... »»  

Sunday, July 7, 2013

Membuat Animasi Api Dengan Blender3D

Post By:tono maryono
Yang kita butuhkan bukannya basa basi yang kurang Penting
tapi kita akan langsung ke Poko persoalan yaitu membuat Animasi api dengan Blender3D
Version 2.49a
Silahkan Jalankan Dulu Blender3Dnya. setelah tapmilan seperti di bawah
Klik Add >>Mesh >> Circle>> Di Add Circle Klik Fill>Klik OK.

Kita akan melihat tampilan Blender seperti di bawah..
Klik kanan  Circle >masuk ke Edite Mode> Klik kanan Di Circle satu kali>>tarik ke bawah Panah Z
dengan menggunakan Tombol Mouse kiri Lihat gambar di bawah>
setelah selesai Kembali lagi ke Object Mode, Lihat Gambar di bawah.
Klik Object(F7) klik particle button > di particle System klik Add New Lihat Gambat di bawah!
Amount:2000 >>Life: 25.00 Rand:0.300 Di Emit From klik Random>
Phisics: Normal:-1.800
Random: 0.200
Global Effects: Acc Z:2.50 Di bawah Acc y: Brownian: 0.00
Masuk ke Children Render Amount:25
Round:100
Pada tab Nothing Ganti dengan wave
Silahkan Coba>> dengan menggunakan Time Line>>>Lihat Hasilnya di bawah
setelah selesai Masuk ke Shading(F5) Klik hallo
Material :A0.015 teres masuk ke tab <shades> Pada Halo Size:0.185>>Hard:127 Add:1000
Klik Soft, klik x alpha,klik Halo tex.Klik Add New>Lihat Gamba
setelah selesai Klik Texture Buttons(F6)

Select Texture tipe: Ganti dengan Clouds >>seting Clouds: Nois Size:0.150 Nois Defth 6.
Lihat gambar di Bawah

Klik Lagi Material Button: Seting Colour R:100 G:100 B:o.oo warnanya kuning.
Klik MP To: R:100 G:0.00 B:0.00 Jadi warna merah
Klik World R=0.00 G:0.00 B:0.00 jadi warna Hitam
Lihat setingannya Pada Gambar di bawah dan silahkan render
Untuk Keperluan Game, Seting dulu Di Render seting.Scene(F10)
Pada Format Image Ganti dengan :PNG Size X=256 Size y=256
tempatkan Foldernya di tempat yang sudah di sediakan...
Sekian dulu Sahabat semua .....Untuk...pertanyaan Silahkan Comman di bawah..
Baca Selanjutnya.... »»